Tuesday, December 20, 2005

Mengapa Blog ?


Blog, ekspresi diri seseorang/kelompok dalam tulisan, blog berjenis A dengan karakternya masing-masing menceritakan kegiatan yang dialami individu, atau blog berjenis B dengan isi yang memang ditujukan untuk berbagi informasi, buku, hobi, dan masih banyak lagi. Penulis wajib mengetahui bahwa tulisannya bisa diakses oleh siapapun di belahan dunia ini --dengan akses internet tentunya--, dengan berbagai macam interpretasi dan latar belakang pembaca yang berbeda-beda. Jadi alangkah baiknya --dan memang sudah seharusnya-- (menurut saya) bahwa si penulis bertanggung jawab penuh terhadap tulisannya dan tentunya sebagai keharusan, si pembaca harus bisa memilah dengan cermat.

Kalo dicermati sebenarnya blog itu --gue pikir-- sarana yang sangat efektif untuk pembentukan opini, opini dalam hal apapun, terkadang ada penulis yang menceritakan mengenai pengalamannya ketika berbelanja di mall tertentu dengan penyebutan nama, secara tidak langsung di sini blog bisa dikategorikan sebagai media promosi, atau ada juga yang menceritakan pengalamannya di tempat dia bekerja, sedikit banyak kita bisa mengetahui bagaimana kebijakan atau manajemen perusahaan/lembaga tempat dia bekerja, dan secara tidak langsung kalo satu waktu kita membutuhkan produk atau jasa yang kebetulan disediakan oleh perusahaan tersebut, minimal kita bisa mendapatkan satu rujukan, lagi-lagi media promosi.

Lain lagi jika ada penulis yang menyampaikan pengalamannya di negeri lain, seperti pada tulisan gue sebelumnya "Wak...waw..", informasi seputar daerah yang ditinggalinya gue pikir sangat menarik, mengenai adat istiadat, kebudayaan, dan sifat-sifat masyarakatnya, hmm kalo di sini blog bisa jadi sarana penyebar informasi.

Sepertinya tulisan gue sudah mulai ngawur, btw gue jadi bertanya-tanya, jenis blog gue apa ya ?, temanya gak jelas dan lompat-lompat. Gue juga sebenarnya bukan jenis orang yang rajin menulis, kayaknya lebih suka untuk membaca blog orang lain, hmm blog ini juga baru diupdate kurang lebih 4 bulan lalu, itu juga karena ada yang nanya alamat blog gue apa, hehh.. udah dulu nulisnya.

No comments: