Thursday, April 27, 2006

Instalasi Linux Ubuntu (gagal)

Mencoba menginstall Linux Ubuntu, sayang sekali gagal, penyebabnya adalah kualitas CD yang kurang baik, well, padahal itu CD original, dapat langsung dari distributor utama Ubuntu, dan lebih mengesalkan lagi karena gue mencoba menginstallnya pada virtual PC, karena PC gue berada dalam jajaran PC berumur dan performance yang agak lain dari PC umumnya saat ini (nggak mau menyebut tua :D dan bapuk), akibatnya untuk melakukan instalasi perlu kesabaran tingkat tinggi, lah !! tak tahunya (terdengar aneh bahasanya) gagal pada persentase tertentu, lantaran CD nya berkualitas kurang baik (males nyebut jelek) atau jangan-jangan CDROMnya ? (wah ini lagi, isu dari Tuan A punya kata-kata bahwa sekarang yang menjual CDROM dah jarang, minimal DVDCombo lah, walah ! lagi-lagi merasa tertinggal. Hehh.. namanya juga isu, validitasnya diragukan ;p. Kembali ke topik semula, seandainya instalasi berhasil, gue bisa memberlakukan satu PC (host) aktif sebagai 2 host yang berbeda, lumayan nih untuk belajar-belajar jaringan, tapi apa mau dikata ?, ada yang punya rekomendasi distro yang bagus untuk instalasi ?, [mode : orang indonesia ON] kalo pake GUI (Graphic User Interface) ngga ngabisin space banyak, mudah instalasinya, dan yang paling utama : installation requirement nya tercapai oleh PC gue (memori : 128, processor : 600 MHz, vga : 4 MB), ups.. maaf salah, yang jelas kalo menggunakan Virtual PC spesifikasinya lebih rendah dari yang gue sebutkan [mode : orang indonesia OFF]. Tutian Bgt (baca : kesian banget). Omong-omong, sebenarnya gue sudah install Fedora Core 4 (bisa disebut redhat ?) tanpa menggunakan Virtual PC, tapi karena kesoktahuan gue melakukan setting, hasilnya adalah ketika pertama kali booting, pada fase tertentu (berkaitan dengan konfigurasi network device) lama banget, bisa lumutan (hiperbolis) kalo nunggu selese, mau coba memecahkan masalahnya lewat console melalui grub, but how ?, sudah tanya ke seorang pengguna linux juga, yang bersangkutan menyarankan untuk melakukan penyuntingan file something.conf, tapi ketika gue praktekan di grub ngga bisa, lah wong membaca filenya aja gak bisa, ngga tahu kenape. Ha..ha.. kayaknya dari dulu gue selalu bermasalah dengan instalasi linux selain distro mandrake, padahal menarik, lihat dunia baru. Ngga yang itu-itu aja.

3 comments:

Ferry Y. Aristanto said...

Luh...

kalo mau cd ubuntu original aku masih punya banyak tuh..
ada yang buat intel dan amd...

Anonymous said...

Seep.. mas Yanu, thanks, sekarang lagi coba cara lain nih, harusnya bisa.

Ferry Y. Aristanto said...

emang..linux tuh kadang bikin susah..kayak yang ditulis adinoto
http://adinoto.org/?p=212

enakan pake mac ..he..he..