Sunday, September 23, 2007

Drama

Selama satu tahun terakhir ini gue diberi kesempatan untuk sedikit melihat kehidupan masyarakat Indonesia, tidak seluruhnya dan tidak secara mendalam pula, tapi cukup mewakili. Dan berbahagialah gue, karena yang gue temui adalah orang biasa, tidak memiliki jabatan penting atau harta yang banyak, tapi kaya dengan perjuangan hidupnya di bumi Indonesia, mungkin pada saatnya nanti gue akan menuliskannya.

Bahwa tanah ini kaya akan sumberdaya alam yang berlimpah tidak diragukan. Sejauh yang benar-benar gue lihat berupa : kayu-kayuan, tanaman budidaya, ikan-ikanan dan mineral logam. Keindahan alamnya juga luar biasa : laut, pantai, gunung, hutan dan persawahan. Ketika menikmatinya sendirian, kadang terucap syair seorang Gibran yang sempat gue baca di salah satu mini-market yang berada di daerah Waru - Surabaya, kira-kira begini "laut adalah saudara perempuanku, gunung adalah saudara lelakiku, kami adalah satu dalam kesendirian". Juga, adat istiadat dan kebudayaan yang beraneka ragam, bagi gue hal tersebut benar-benar kekayaan bangsa yang sangat bernilai.

Melimpah kekayaan sumberdaya alamnya, elok keindahan alamnya, kaya budaya dan adat-istiadatnya, terkalahkan oleh hal bernama kemiskinan, laut dan pantai adalah salah satu penandanya.

5 comments:

Anonymous said...

Johnny, my friend.
Did you know that you have a good writing skill?
I have an idea, that of course, if you are willing to.
Will you?

Anonymous said...

@Matt

Thanks matt, you have good writing skill too, my writing mood was unstable, beside lack of vocabulary :p. what's your idea anyway ?

RoSa said...

mas Galuh, ngantor di wisma bakrie kan? besok ikutan buka bareng blogger di Setiabudi Building yuk, kumpul jam 5 ;)

Anonymous said...

dalam sekali...seperti biasanya karya-karyamu kawan...luar biasa

Anonymous said...

@rosa

Terimakasih untuk infonya ya cha, maaf karena gak bisa dateng..

@yoyok

Thanks yok, dan lu lebih baik daripada gue..